Info Harga Wisata Ke Pulau Pramuka 2019



Budget backpacker ke pulau pramuka Kepulauan Seribu DKI Jakarta- Pulau pramuka merupakan pulau yang masuk dalam gugusan pulau - pulau yang ada di pulau seribu dan pulau pramuka berstatus sebagai pusat administrasi dan pemerintahan kabupaten administratif kepulauan seribu DKI Jakarta.

Seperti halnya pulau pulau lain yang ada di pulau seribu seperti pulau untung jawa, pulau tidung, pulau pari, pulau harapan dan beberapa pulau lainya, pulau pramuka juga merupakan pulau pemukiman yang dihuni lebih dari 3 ribu warga yang mendiami pulau pramuka.

Sebagai pusat pemerintahan kepulauan seribu, pulau pramuka termasuk pulau yang padat lalu lintas kapal dan pengunjungnya. Baik kunjungan dari warga pulau - pulau yang ada di kepulauan seribu untuk mengurus administrasi atau pun kunjungan wisata yang ingin menikmati keindahan laut di pulau pramuka dan pulau - pulau sekitarnya seperti pulau semak daun.

Di pulau pramuka terdapat penyewaan penginapan dan homestay yang memang disediakan bagi para pengunjung yang ingin berwisata ke pulau pramuka. Selain itu terdapat kapal - kapal nelayan yang juga disewakan untuk para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan snorkeling atau sekedar jelajah pulau - pulau kecil yang ada di sekitar pramuka.

Selain melakukan kegiatan snorkeling dan hopping island saat berlibur di pulau pramuka, para wisatawan juga bisa mengunjungi spot pelestarian kawasan hutan mangrove dan melihat penangkaran penyu sisik serta camping di pulau - pulau kecil seperti pulau semak daun bagi yang memiliki jiwa backpacker.

Akses Kapal Ke Pulau Pramuka

Ada 3 dermaga kapal sebagai akses ke pulau pramuka yaitu :

  1. Dermaga marina ancol dengan kapal reguler / charter jenis kapal cepat atau speedboat
  2. Dermaga pelabuhan sunda kelapa dengan kapal reguler sabuk nusantara
  3. Dermaga kali adem muara angke dengan kapal feri reguler jenis kayu dan kapal cepat kerapu

Sobat backpacker yang hendak menuju pulau pramuka bisa memilih opsi penyeberangan ke pulau pramuka dengan kapal feri di kali adem muara angke atau dengan kapal sabuk nusantara di pelabuhan sunda kelapa dengan harga yang relatif murah. Untuk menentukannya sobat lihat budget biaya dan jarak yang mudah di tempuh dari tempat tinggal sobat ke dermaga kapal.

Biaya kapal sabuk nusantara dari pelabuhan sunda kelapa ke pulau pramuka adalah 15 ribu rupiah per orang nya dengan lama perjalanan kapal sekitar 5 - 6 jam, berangkat pada hari senin, rabu dan sabtu dari pelabuhan sunda kelapa tepat pada jam 8 pagi. Sedangkan biaya kapal feri dari kali adem muara angke adalah 55 ribu rupiah dengan lama perjalanan 3 jam dan berangkat setiap hari pada jam 7 sampai jam 8 pagi. Sebaiknya sobat backpacker sudah berada di dermaga 1 jam sebelum keberangkatan kapal.

Rute Menuju Pelabuhan Sunda Kelapa

Sobat backpacker yang tinggal di wilayah jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi dan sekitarnya bisa menggunakan kereta commuter line dengan tujuan stasiun jakarta kota, setelah keluar stasiun dengan melewati underpass ke arah museum bank mandiri, sobat bisa menggunakan angkutan ojek berbasis online atau biar tambah pengalaman sobat bisa naik angkutan jenis bajaj menuju pelabuhan sunda kelapa dengan tarif 30 ribu rupiah yang bisa di isi hingga 3 orang.

Sobat backpacker juga bisa menggunakan angkutan umum busway transjakarta menuju pemberhentian jakarta kota dan dilanjutkan dengan feeder busway yang menuju pelabuhan sunda kelapa. Siapkan uang Rp. 2.500 saat memasuki kawasan pelabuhan sunda kelapa ya sobat.

Menginap Di Homestay Atau Camping Di Pulau

Sebelum sobat backpacker sampai di dermaga pulau pramuka sebaiknya tentukan terlebih dahulu bermalam dan menginap di pulau pramuka dengan menyewa penginapan dan homestay atau mendirikan tenda di pulau sekitar pulau pramuka.

Sewa penginapan model kamar di pulau pramuka biasanya rate harganya 250 ribu - 300 ribu rupiah, namun untuk homestay ratenya 500 ribu - 1 juta rupiah tergantung jumlah kamar dan fasilitas yang tersedia tentunya. Sobat backpacker hanya perlu berjalan keluar sedikit dari dermaga pulau pramuka untuk menemukan penginapan dan biasanya sudah ada beberapa orang yang menawarkan.

Untuk camping di pulau - pulau kecil sekitar pulau pramuka seperti camping di pulau semak daun, sobat backpacker harus menyewa kapal nelayan untuk akses ke pulaunya dengan biaya 500 ribu - 1 juta rupiah tergantung banyaknya peserta juga. Kapal yang disewa biasanya sudah termasuk untuk jelajah pulau dan untuk snorkeling. Sebaiknya sobat pastikan apakah sewa kapal sudah incluade alat snorkeling, jika belum maka sobat backpacker bisa menyewa nya dengan tarif 35 ribu - 50 ribu rupiah.

Sedikit info buat sobat yang ingin mendirikan tenda atau camping di pulau semak daun, sebelumnya sobat harus minta izin oleh penjaga pulau dan membayar uang retribusi keamanan dan kebersihan sebesar 35 ribu rupiah per orangnya.

Artikel Terkait

Memberikan informasi tempat wisata se akurat mungkin berdasarkan cek langsung di lapangan dan beberapa review dari berbagai media online.