Info Harga Wisata Pulau Sangiang Banten 2018


Pulau sangiang merupakan salah satu pulau yang berada posisinya di selat sunda, dengan akses dari dermaga paku kawasan pantai anyer, pulau ini hanya dihuni oleh beberapa kepala keluarga saja dan pulau sangiang masuk dalam wilayah serang banten.

Pulau sangiang adalah pulau dengan status taman wisata alam dengan jangkauan nya seluas 500 hektar lebih, pulau ini masih berupa hutan lebat dan banyak ditemukan berbagai jenis hutan bakau atau biasa disebut hutan mangrove.

Pulau sangiang memiliki pantai yang cantik dan berpasir putih serta panorama pantai dengan warna hijau tosca. Adapun pantai yang sering dikunjungi oleh para wisatawan saat berlibur ke pulau sangiang adalah pantai pasir panjang dan pantai teluk penyu.

Selain memiliki pantai yang cantik dan tersembunyi, pulau sangiang juga memiliki spot di kawasan hutan berupa goa kelelawar yang menjorok ke laut. Goa ini di huni oleh ribuan kelelawar yang terkadang terlihat ikan hiu yang menunggu kelelawar yang jatuh ke laut.

Selain spot pantai dan goa di pulau sangiang, tak ketinggalan spot snorkeling di sekitar perairan pulau sangiang yang memang memiliki terumbu karang yang indah dengan ikan - ikan cantik berwarna - warni dan tentunya ada juga si ikan lucu ikan nemo.

Akses Kapal Ke Pulau Sangiang

Untuk sampai ke pulau sangiang para pengunjung atau wisatawan yang ingin menikmati suasana yang masih asri di pulau sangiang harus menyewa kapal nelayan yang ada di dermaga paku. Dermaga paku tepatnya berada di jalan raya anyer serang banten.

Biaya sewa kapal penyeberangan dari dermaga paku ke pulau sangiang adalah sekitar 1,5 juta rupiah sampai 2 juta rupiah yang bisa muat hingga 15 orang lebih. Adapun waktu tempuh kapal dari dermaga paku anyer ke pulau sangiang adalah sekitar 45 menit.

Rute Menuju Dermaga Paku Anyer
  • Kendaraan umum seperti bus umum dari terminal Pulogadung, Lebak Bulus, Kalideres atau Kampung Rambutan, naik bus jurusan Cilegon. Turun di Terminal PCI (terminal bayangan di Cilegon), sambung dengan angkot warna ungu menuju Simpang Tiga Cilegon. Setibanya di sana, lanjutkan lagi perjalanan menggunakan angkot berwarna silver menuju Pantai Anyer. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit – 1 jam.
  • Naik kereta dari stasiun tanah abang  menggunakan kereta krl jurusan tanah abang - rangkas bitung dengan lama perjalanan 2 jam. Terdapat sekitar 16 kereta dari stasiun tanah abang ke stasiun rangkas bitung dalam 1 hari.
    Dari stasiun rangkas bitung perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kereta lokal dengan jurusan rangkas bitung - merak, sobat berhenti di stasiun krenceng setelah melewati stasiun cilegon dengan waktu tempu 1 jam. Kereta dari rangkas bitung ke merak hanya beroperasi 6 kali dalam 1 hari.
    Stasiun krenceng berada di jalan raya anyer, jadi sobat yang sudah berada di stasiun krenceng bisa melanjutkan perjalanan ke dermaga paku dengan angkot yang menuju ke anyer. Dari stasiun krenceng ke dermaga paku dengan angkot hanya memakan waktu kurang dari 30 menit dengan biaya angkot sebesar 5 ribu rupiah. menuju stasiun Krenceng di Cilegon. Dari stasiun, Anda bisa naik angkot warna silver dengan tujuan Anyer.
  • Dari pusat kota Jakarta ke Anyer dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang lebih 3-4 jam. Masuk tol Jakarta – Tangerang, lurus terus sampai memasuki ruas tol Tangerang – Merak. Lalu keluar di Exit 94, Cilegon Barat / Anyer.

Info Harga Wisata Ke Pulau Sangiang Banten
  • Biaya sewa kapal di dermaga paku anyer Rp. 1,5 juta - 2 juta
  • Biaya sewa alat snorkeling 50 ribu

Artikel Terkait

Memberikan informasi tempat wisata se akurat mungkin berdasarkan cek langsung di lapangan dan beberapa review dari berbagai media online.