Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Harga Wisata Pulau Lima Banten


Pulau lima merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni dan lokasi nya berada di teluk Banten. Pulau yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar ini memiliki pemandangan pantai yang cukup indah dan pantainya berpasir putih dengan gradasi air laut hijau kebiruan.

Pulau lima merupakan destinasi wisata baru di Banten yang memiliki konsep wisata bahari, dimana para pengunjung harus menggunakan kapal motor nelayan dari dermaga karangantu serang menuju ke pulau lima.

Fasilitas di pulau lima masih tahap pengembangan, hanya terdapat beberapa bungalow atau penginapan dengan gaya rumah khas bugis yakni berupa rumah panggung. Namun para pengunjung  yang ingin bermalam di pulau lima bisa juga mendirikan tenda atau camping, namun sebelumnya harus meminta izin kepada penjaga pulau lima.

Di pulau lima sudah terdapat wahana permainan air  yang disediakan oleh pengelola yang biasanya ada pada saat weekend atau libur panjang dimana jumlah pengunjung meningkat. Selain itu terdapat juga penyewaan alat snorkeling bagi para pengunjung yang ingin melihat terumbu karang dan ikan - ikan yang beraneka ragam.

Akses Kapal Ke Pulau Lima Serang Banten

Akses ke pulau lima adalah menggunakan kapal motor nelayan dari dermaga Karangantu serang, kapal dengan kapasitas hingga 15 penumpang dapat menempuh perjalanan menuju ke pulau lima selama sekitar 20 menit dengan biaya 50 ribu rupiah untuk pergi dan pulang.

Dermaga Karangantu adalah dermaga yang berada di pesisir serang teluk Banten. Dermaga ini adalah akses kapal dari beberapa pulau yang ada di teluk Banten diantaranya adalah pulau tunda, pulau pamojan besar dan kecil dan pulau burung.

Rute Menuju Dermaga Karangantu Serang Banten
  • Kendaraan pribadi melalui exit tol serang timur atau exit tol serang barat dilanjutkan menuju jalan raya banten dan menuju pelabuhan karangantu serang banten.
  • Kendaraan umum menuju terminal pakupatan serang dilanjutkan dengan angkot jurusan serang - cilegon dan turun di pasar karangantu dillanjutkan dengan ojek ke kantor dermaga karangantu.
  • Transportasi kereta dari stasiun tanah abang menuju stasiun rangkas bitung dan dilanjutkan dengan kereta dengan rute rangkas bitung - merak turun di stasiun karangantu dan dilanjutkan ojek menuju kantor dermaga karangantu serang banten.

Info Harga Wisata Ke Pulau Lima Serang Banten

Berikut estimasi biaya atau budget backpacker ke pulau lima serang banten yang dapat anton journey rangkum dengan menggunakan angkutan kereta krl dari stasiun tanah abang sebagai contaohnya :
  • Biaya kapal reguler dermaga karangantu ke pulau lima PP Rp. 50.000
  • Biaya sewa kapal dermaga karangantu kapasitas 10 - 15 orangRp. 300.000 - 500.000
  • Biaya retribusi pulau lima Rp. 5.000
  • Biaya sewa alat snorkeling Rp. 35.000
  • Biaya permainan air banana boat Rp. 30.000

Selain pulau lima ada juga pulau - pulau lain nya yang jaraknya tidak begitu jauh dari pulau lima, diantaranya adalah pulau tiga dan pulau empat yang dapat juga ditempuh dengan kapal dari dermaga karangantu. Jadi ada baiknya sobat backpacker yang akan berkunjung ke pulau lima dengan jumlah banyak menyewa perahu nelayan dengan menjelajah pulau - pulau tersebut.