Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Info Harga Wisata Pulau Tunda Banten


Pulau tunda jika di lihat dari peta atau google maps maka terlihat satu kesatuan dengan kepulauan seribu atau tepatnya berdampingan dengan pulau tidung, hanya saja pulau - pulau di kepulauan seribu berada di teluk jakarta sedangkan pulau tunda berada di teluk Banten.

Pulau tunda merupakan pulau pemukiman yang termasuk dalam wilayah kabupaten Serang Banten. Pulau yang di huni oleh sekitar 3 ribu orang lebih ini memiliki luas sekitar 300 hektar. Adapun aktivitas warganya adalah rata - rata sebagai nelayan dan pulau tunda sudah terkenal dengan keahlian masyarakatnya dalam membuat kapal berbahan kayu.

Pulau tunda memiliki suasana pulau yang asri dan tenang, tidak seperti pulau - pulau pemukiman yang ada di pulau seribu yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan dari kota - kota besar. Padahal pulau tunda memiliki perairan laut yang jernih dan terumbu karang yang indah, bahkan terkadang terlihat ikan lumba - lumba di perairan laut pulau tunda, hal yang belum terdengar saat berlibur ke pulau seribu.

Karena memiliki terumbu karang yang masih banyak belum terjamah, pulau tunda sangat bagus untuk sobat backpacker yang menyukai aktivitas snorkeling dan diving. Urusan bermalam di pulau tunda sobat backpacker bisa camping di pantai pasir putih pulau tunda atau menyewa homestay milik warga pulau tunda.

Akses Kapal Ke Pulau Tunda Banten

Akses kapal ke pulau tunda adalah melalui dermaga karangantu serang, di dermaga karangantu serang ini kita bisa menggunakan kapal KMP Tunda Ekpres menuju pulau tunda dengan lama perjalanan laut sekitar 2 jam. Jadwal kapal dari dermaga karangantu serang ke pulau tunda adalah berangkat pada siang hari jam 1 siang dan berangkat dari pulau tunda ke dermaga karangantu serang jam 7 pagi. adapun harga tiket kapal pulau tunda adalah 50 ribu rupiah.

Para wisatawan yang datang dengan jumlah yang cukup banyak bisa menyewa kapal nelayan yang ada di dermaga karangantu dengan harga 1,5 juta - 2 juta per kapalnya. Dengan sewa kapal di dermaga karangantu serang, para wisatawan bisa menyesuaikan keberangkatan pada pagi hari dan kapal yang disewa sekaligus untuk kegiatan snorkeling di beberapa spot selama 2 hari.

Akses Kendaraan Ke Dermaga Karangantu Serang Banten
  • Kendaraan pribadi melalui exit tol serang timur dilanjutkan menuju jalan raya banten dan menuju pelabuhan karangantu serang banten.
  • Kendaraan umum menuju terminal pakupatan serang dilanjutkan dengan angkot jurusan serang - cilegon dan turun di pasar karangantu dillanjutkan dengan ojek ke kantor dermaga karangantu.
  • Transportasi kereta dari stasiun tanah abang menuju stasiun rangkas bitung dan dilanjutkan dengan kereta dengan rute rangkas bitung - merak turun di stasiun karangantu dan dilanjutkan ojek menuju kantor dermaga karangantu serang banten.

Info Harga Wisata Ke Pulau Tunda Banten
  • Biaya kereta KRL dari stasiun tanah abang ke rangkas bitung Rp. 8.000
  • Biaya kereta lokal dari stasiun rangkas bitung ke stasiun karangantu Rp. 3.000
  • Biaya kapal dari dermaga karangantu ke pulau tunda Rp. 50.000
  • Biaya sewa penginapan di pulau tunda Rp. 250.000 - 500.000
  • Biaya sewa kapal untuk snorkeling Rp. 500.000
  • Biaya sewa alat snorkeling Rp. 50.000
  • Biaya makan per porsi Rp. 25.000