Catatan Wisata Ke Pondok Halimun Sukabumi

Awal tahun baru merupakan momen yang pas buat berwisata, baik bersama teman, sahabat maupun bersama keluarga. Seperti biasanya tempat - tempat wisata sudah dipenuhi oleh para pengunjung yang sudah booking jauh - jauh hari, daerah puncak yang memiliki udara sejuk dan pesisir pantai merupakan tempat yang banyak sekali diminati dalam liburan diawal tahun baru.

Namun banyak juga yang merayakan momen tahun baru hanya sekedar jalan - jalan di kota untuk menyaksikan indahnya kembang api yang bertaburan di malam tahun baru dan suara terompet yang bersahut - sahutan atau sekedar bakar - bakar ayam atau ikan bersama dirumah.

Yuk simak cerita perjalanan sahabat penawisata di awal tahun baru menuju taman wisata salabintana dan Pondok Halimun Sukabumi, berikut ceritanya :

Kami berkumpul di start point  kawasan ramai Perumahan Poris Paradise Cipondoh Kota Tangerang Banten. Ternyata bis Hiba yang hendak kami tumpangi sudah standby, sambil menunggu teman - teman yang lain kumpul, kami jalan - jalan sejenak mencari sarapan pagi sambil menyaksikan sampah - sampah berserakan bekas acara malam tahun baru  di sepanjang jalan ini. Tak terasa sudah setengah jam berlalu dan nampaknya semua peserta sudah hadir, akhirnya kami putuskan untuk berangkat menuju kota Sukabumi.

Perjalanan dari Tangerang menuju Ciawi Bogor tidak mengalami macet alias jalanan lancar, namun ketika mulai memasuki kawasan Cibadak Sukabumi mulailah mobil bergerak sedikit demi sedikit, hal ini dikarenakan jalan menuju Sukabumi tidak ada alternatif atau jalan tol.

Akhirnya setelah berjuang dalam kemacetan kamipun tiba di taman wisata salabintana Sukabumi pada pukul 11.00, Hamparan rumput yang luas, bergoyang tertiup angin ditambah panorama pepohonan pinus yang rapat telah membuat rasa lelah dan letih hilang sirna. Kamipun menikmati keindahan alam dan hawa pengunungan yang masih sejuk di sini bersama. AK dan beberapa teman berinisiatif menyewa tikar untuk lebih santai menikmati pemandangan yang luas sambil membuka beberapa makanan yang telah kami siapkan.

Setelah 1 jam lebih kami menikmati indahnya pemandangan disini sambil makan siang dengan udara yang sejuk, kamipun memutuskan untuk menunaikan sholat djuhur dan melihat - melihat keadaan sekitar lalu akan melanjutkan perjalanan menuju  Pondok Halimun Sukabumi.

Pukul 13.00

Bis pun berangkat meninggalkan kawasan wisata Salabintana menuju Pondok Halimun Sukabumi, kami pun saling ngobrol sana sini berharap tujuan selanjutnya akan lebih berkesan, awalnya jalan menuju ke PH wajar - wajar saja, meskipun kadang bis yang kami tumpangi memakan jalan sampai hampir menimbulkan kemacetan, maklum jalan menuju kawasan PH terbilang sempit.

Ketika kami melewati  kesalah satu pos untuk membayar tiket masuk, seorang petugas mempersilahkan bis untuk memarkir bis disalah satu tempat parkir yang terbilang kurang luas, sedang kami tidak menemukan adanya tempat wisata atau perkiraan kami masih jauh dari tempat wisata. Ternyata bis yang kami tumpangi sudah tidak mungkin melanjutkan perjalanan lagi dikarenakan jalan yang semakin sempit dan melewati daerah yang curam.

Kamipun harus melanjutkan perjalanan menuju PH dengan menyewa 2 angkot yang beroperasi menuju kawasan wisata PH, perjalanan dengan angkot ini benar - benar mengitari bukit dan melewati perkebunan teh dengan hawa yang sejuk menjadikan kami ingin segera sampai di kawasan wisata PH tentunya.

Pukul 14.30

Kamipun sampai di objek wisata Pondok Halimun Sukabumi, hmmmm..... udara dan pemandangannya benar - benar alami, segar dan dingin banget, kami pun mulai mengekplore beberapa tempat yang kece dikawasan ini, maklum karena waktu yang kami miliki sangat terbatas.

Beberapa penginapan ada ditempat ini, terutama yang dekat dengan aliran sungai banyak juga yang mendirikan tenda. Sepertinya mereka telah menghabiskan malam tahun baru ditempat ini.

Kamipun  terus berjalan mengitari sungai, akhirnya ada tempat juga yang mantabb buat mandi di sungai, byurrr ..... langsung dech kami ceburkan diri kedalam sungai dengan hawa segar lagi dingin. Setelah itu kamipun masih terus berjalan melihat pemandangan yang indah ditempat ini. Sebenarnya ada air terjun yang jaraknya masih bisa ditempuh dengan jalan kaki dari lokasi kami, akan tetapi karena hari sudah sore kamipun tidak menuju kesana.

Kamipun berkumpul kembali dilokasi jajanan yang ada di lokasi ini, walaupun sedikit mahal namun bisa membuat kenyang dan menghangatkan badan kita setelah bermain air di sungai.

Dan kamipun menunaikan sholat ashar disalah satu mushola yang ada dilokasi ini dan siap - siap kembali ke mobil bis untuk perjalanan pulang ke Tangerang, dan tidak lupa mampir dikawasan Dago untuk belanja oleh - oleh khas Bogor tentunya. benar - benar perjalanan yang mengasyikan.

Biaya Rp. 75. 000 / orang termasuk :

- Transport Bis Tangerang Sukabumi PP
- Snack dan makan siang
- Tiket masuk Salabintana
- Tiket masuk PH

Artikel Terkait